UKG Per 30 Juli – 02 Agustus 2012


UKG 2012 Periode 30 Juli – 02 Agustus 2012

Kronologis UKG pada bagian Teknisi;

Sabtu, 28 Juli 2012 (pkl. 09.00 WIB) : melalui media social network sekitar 20 tenaga suk-wan yang diambil dari sebagian besar alumni D3TKJ diberitahu oleh ICTC SMKN 1 Karawang untuk melakukan pertemuan. Alhamdulillah undangan tersebar dan responnya bagus, walaupun ada 4 personil yang tidak dapat hadir.

Sabtu, 28 Juli 2012 (pkl. 11.00 WIB) : bertempat di ICTC SMKN 1 Karawang, datanglah beberapa personil dari Disdik Kab. Karawang (Gr, Sn, AF) dan perwakilan dari LPMP Jabar (Bbg). Dengan lantang langsung menjelaskan mengenai instalasi UKG On Line dengan durasi 75 menit, pembahasannya hanya pada instalasi server dan client itupun menggunakan versi latihan, sementara untuk versi REAL hanya dibagikan via media CD.

Kemudian sambil menunggu waktu berbuka puasa, kita sesama Tim Teknis mengadakan riungan guna teknis instalasi di lokasi.

Dari beberapa titik ternyata sangat mengalami kendala baik dari sambutan sekolah ataupun dari perangkat yang ada, seperti pengalaman pribadi saya bersama salah satu Tim Teknis mendatangi salah satu SMAN.

Seperti ini kronologisnya : Minggu, 29 Juli 2012 (pkl. 09.30 WIB). Dengan modal semangat tempur (tanpa Surat Tugas) melenggang dengan menggunakan kendaran yang ber-plat kendaraan merah, dengan maksud adanya perhatian dari tuan rumah. Sesampai di lokasi ternyata melihat pintu gerbang tertutup rapat dengan gembok terpasang rapih, didalamnya terlihat beberapa anak kecil (penerus bangsa) yang sedang bermain RC (Remote Control), sedikit menjadi pertanyaan : KENAPA ANAK TERSEBUT BISA DAPAT BERMAIN DENGAN RIANG DIDALAM LINGKUNGAN SEKOLAH WALAUPUN PINTU GERBANG DALAM KONDISI TERKUNCI ? Salah seorang dari Tim bertanya kepada bocah cilik tersebut akan keberadaan penjada sekolah tersebut, dan jawabannya TIDAK TAHU, TANYA SAJA KE SATPAM ! (dengan tingkah laku yang acuh dan sinis). Selanjutnya tanpa pikir panjang lagi pindah bertanya kepada salah satu warga yang ada disekotar sekolah tersebut, akhirnya didaptlah alamat dari seorang Satuan Pengamanan SMAN…… Tak lama kemudian datanglah SATPAM tersebut dengan membuka pintu gerbang sekolah yang masih tertutup rapat, Alhamdulillah kita mendapatkan seorang SATPAM yang sangat ramah dengan mempersilahkan masuk dan menunjukkan ruang Laboratorium Komputer (apakah karna melihat kendaraan yang ber-plat nomor MERAH ?).

Sesaat kemudian kami masuk dan melihat pintu laboratorium komputer SMAN….juga dalam kondisi terkunci (gembok 2 buah), kita pun bertanya kepada seorang SATPAM. Apakah disini mengetahui akan dilaksanakan UKG ? Melihat mimik mukanya pun kami menerka bahwa SATPAM tersebut tidak mengetahui apapun tentang UKG, akhirnya beliau menyarankan untuk menelpon pengurus laboratorium tersebut (mr. x), ternyata ketika di telpon yang menjawab saya pikir istrinya, eh….jawabannya sama dengan sewaktu menelpon slah saorang staff Disdik yang memberikan tugas tentang UKG kepada Tim ICT (maaf nomor yang anda tuju sedang tidak aktif !). berbagai cara kita tempuh, seperti menelpon kepala sekolah dan lain sebagainya, ternyata hasilnya NIHIL. Akhirnya dengan perasaan sedikit gondok dan kesal kita kembali ke lokasi ke-2 yaitu salah satu sekolah dasar dengan gedung 3 lantai.

Sesampainya di lokasi ke-2 terlihat beberapa orang didalam lokasi sekolah tersebut, ternyata 2 orang guru dan 1 orang kepala sekolah, dengan sambutan yang lumayan peduli (karna salah seorang tim mengenali dari guru yang bersangkutan). Akhirnya kita langsung menuju lokais ruang komputer (yang tercatat dilabel ruangan adalah “RUANG KOMPUTER”), sempat juga terkejut dengan melihat kondisi ruang yang masih sangat bagus (BANGUNAN BARU), yang kerkejut lagi bahwa ruang tersebut terisi dengan hampir 30 unit Laptop (ada juga diantaranya NETBOOK). Tidak pikir panjang lagi, kemudian kita lakukan instalasi SERVER dan CLIENT, bangga juga melihat salah seorang diantara guru tersebut yang dapat membantu instalasi CLIENT (dengan petunjuk dan arahan tim terlebih dahulu). Tepat pukul 13.00 WIB selesai dan dilanjutkan ke TUKG yang lain.

Selesai instalasi di lokasi kedua (mengkiuti pedoman/manual yang ada, dengan berbagai pengaturan DHCP kita instalasi, berbeda dengan arahan dari LPMP, tanpa instalasi tool DHCP). Jam 19.00 WIB sudah kembali berkumpul di ICT SMKN 1 Karawang, akhirnya dari beberapa teknisi berpendapat bahwa instalasi masih ada kekurangan, hal ini dikarenakan adanya perbedaan cara instalasi yang diberikan dari salah seorang petugas LPMP dengan buku petunjuk. Selanjutnya verifikasi TUKG, ternyata masih ada 2 TUKG yang masih belum jelas (SMK Lentera Bangsa & SMAN 1 Pedes). Klarifikasi terakhir didapat bahwa SMAN 1 Pedes tetap tidak bisa digunakan sebagai TUKG, hal ini pun telah konfirmasi dengan Disdik melalui telepon. TUKG SMK Lentera Bangsa tetap dilaksanakan, 2 orang teknisi langsung ke lokasi.

Minggu, 29 Juli 2012 : Jam 21.45 WIB, menerima telepon dari seorang staff SMK LB (LB = Lentera Bangsa), bahwa instalasi aplikasi TUKG tidak dapat dilakukan di SMK tersebut, dengan alasan di sekolah tersebut menggunakan PC Station (alternatif server PC yang didasarkan pada modus aplikasi jaringan dan koneksi server untuk menggunakan seluruh sumber daya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s