Definisi EDS SMK Kab. Karawang


EDS (Evaluasi Diri Sekolah Tahun 2012)

A. Latar Belakang

Agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, seorang Kepala sekolah/madrasah harus memiliki kompetensi-kompetensi seperti tertera dalamPeraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala sekolah/madrasah: – kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Disamping itu sebagai orang yang paling bertanggung jawab untuk meningkatkan mutu pendidikan di satuan pendidikan dibawah tanggung jawabnnya, dia juga harus mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomer 63 tahun 2009 tentang Sistim Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) yang mengharuskan “terbangunnya budaya mutu pendidikan” serta “terpetakannya mutu pendidikan yang rinci pada satuan pendidikan”.

Untuk mencapai tujuan tersebut maka para kepala sekolah/madrasah khususnya dan pemangku kepentingan pendidikan pada umumnya, mutlak perlu mengetahui secara benar konsep, maksud dan tujuan serta mampu melaksanakan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di sekolahnya. Dengan melaksanakan EDS ini maka kepala sekolah/madrasah akan lebih dapat melaksanakan kompetensi manajerialnya secara menyeluruh dan bermakna yang akan membantu peningkatan kinerja sekolah – khususnya dalam melihat sejauh manakah sekolah/madrasah telah mencapai Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP), serta kekuatan dan kelemahannya sehingga sekolah dapat menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) atau Rencana Kegiatan Sekolah (RKS) berdasarkan keadaan dan kebutuhan nyata mereka.

Peningkatan mutu pendidikan khususnya pada satuan pendidikan memerlukan adanya kepala sekolah/madrasah yang handal, tangguh dan berkemampuan yang secara bersama-sama dengan seluruh pemangku kepentingan di sekolah dapat memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu kepada semua peserta didik. Kepala sekolah/madrasah yang handal diharapkan dapat menjadi lokomotif dan kekuatan untuk membimbing, menjadi contoh, serta menggerakkan para pendidik dan tenaga kependidikamn dalam melaksanakan upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah/madrasah. Oleh karena itu, program penguatan kemampuan kepala sekolah/madrasah perlu memasukkan pembahasan mengenai EDS, yang merupakan bagian penting dalam kompetensi manajerial, sebagai salah satu topik yang harus diketahui dan dipahami secara benar untuk selanjutnya dilaksanakan oleh para kepala sekolah/madrasah.

Materi tentang EDS ini sejauh mungkin diupayakan disusun dalam bentuk modul belajar mandiri yang dapat juga dipakai sebagai bahan belajar kelompok. Untuk dapat memperoleh manfaat maksimal, dalam memakai materi ini seyogyanya dibarengi dengan menyediakan dokumen dokumen utama tentang EDS yaitu: (1) Instrumen EDS itu sendiri; (2) Pedoman Teknis EDS; dan (3) Format Laporan EDS. Kesemuanya ini akan memberikan pengertian menyeluruh tentang apa, mengapa serta bagaimana EDS ini.

Dalam pelaksanaan EDS di sekolah, untuk mempermudah pengisian Instrumen, mereka juga perlu menyediakan semua Peraturan Menteri tentang kedelapan SNP, Standar per standar, sebagai rujukan dan panduan dalam menentukan tingkat pencapaian sekolah dalam pelaksanaan tiap Standar. Dengan demikian maka dalam memakai Instrumen EDS dan mengisi Instrumen tersebut mereka akan sangat terbantu untuk menentukan peringkat pencapaian yang tepat pada setiap standar dengan merujuk langsung kepada Peraturan Menteri pada tiap standar sebagai dasar penentuan peringkat.
B. Pemahaman Konsep dan Pengertian EDS

Apa itu EDS – untuk memahami Konsep EDS secara menyeluruh.
Mengapa perlu EDS – alasan perlunya ada EDS.
Siapa pelaksana EDS di satuan pendidikan – EDS sebagai tugas bersama antar semua pemangku kepentingan melalui Tim Pengembang Sekolah (TPS), dan EDS bukan hanya merupakan tugas kepala sekolah/madrasah saja.
Manfaat EDS – kegunaan EDS baik bagi pihak sekolah maupun pihak jajaran Dinas Pendidikan atau Kantor Kementerian Agama ditingkat kabupaten/kota.
Beda EDS dan Evaluasi-evaluasi lainnya – agar mengetahui dengan pasti perbedaannya sebab banyak yang mempertanyakan apa perlu melaksanakan EDS sebab sudah banyak Evaluasi tentang kinerja sekolah.
Isu-isu dalam pelaksanaan EDS – bagaimana sekolah, yang pada mulanya “mencurigai” EDS pada akhirnya merasa amat terbantu dengan adanya EDS dan bagaimana mereka menyiasati kendala-kendala dalam pelaksanaan EDS.

C. Pelaksanaan EDS

Modul ini akan membahas bagaimana sekolah melaksanakan EDS dalam mengevaluasi pelaksanaan kinerja sekolah dipandang berdasar SPM dan SNP. Untuk membahas hal ini dengan jelas perlu dibarengi dengan mempelajari Instrumen EDS itu sendiri, yang ada didalam CD, dan mempraktekannya. Hal ini dirasa lebih sesuai daripada memasukkan Instrumen EDS kedalam modul ini sebab akan membuatnya menjadi amat tebal dan memberatkan para pemakai.

Instrumen EDS membahas keseluruhan isi SNP yang rediri dari:

Standar Sarana dan Prasarana.
Standar Isi.
Standar Proses.
Standar Penilaian.
Standar Kompetensi Lulusan.
Standar Pengelolaan.
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Standar Pembiayaan.

BAB II

KONSEP DAN PENGERTIAN EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS)
A. Tujuan Belajar

Pada Bab II kita akan mempelajari secara rinci konsep EDS secara menyeluruh – apa itu EDS, mengapa EDS diperlukan, bagaimana EDS, siapa Pelaksana EDS, apa manfaat dan kegunaan EDS, dan Isu-isu dalam pelaksanaan EDS. Kepala sekolah/madrasah khususnya dan para pemangku kepentingan pendidikan di sekolah pada umumnya diharap dapat memahami konsep ini dan mempunyai komitmen yang kuat untuk mengadakan perubahan dan menggerakkan guru untuk melaksanakan EDS di sekolahnya sebagai dasar untuk melakukan perbaikan yang terus berkesinambungan.
B. Hasil Yang Diharapkan

Pada akhir Bab ini diharapkan Anda akan mengetahui:

EDS secara lebih dalam dan menyeluruh;
Bagaimanakah konsep EDS – filsafat yang mendasari EDS;
Apa dan bagaimana EDS;
Mengapa kita memerlukan EDS;
Perbedaan EDS dengan Evaluasi-evaluasi eksternal lainnya;
Apa manfaat dan kegunaan EDS bagi sekolah dan jajaran Dinas Pendidikan/Kantoe Kemeneag ditingat kab/kota;
Hal-hal lain yang berhubungan dengan pelaksanaan EDS secara umum.

Dengan bekal ini diharapkan agar para kepala sekolah/madrasah memperoleh dasar yang kuat untuk lebih memahami EDS secara menyeluruh sebelum melaksanakan EDS di sekolahnya dengan baik. Dengan melaksanakan EDS ini mereka akan dapat mengetahui dengan pasti kekuatan dan kelemahan sekolah dan hasil EDS akan dijadikan masukan untuk membuat Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) atau Rencana Kegiatan Sekolah (RKS) untuk kurun waktu 4-5 tahun maupun Rencana Anggaran, Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) atau Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) untuk kegiatan tiap tahun.

Adapun file-file pendukung dari EDS, sebagai berikut :

1. Demo Instrumen EDS SMK

2. Verifikasi_RKS__RPS_DP3

3. 15 Dokumentasi EDS Online 2012

4. 13 Penyusunan RKS-RKAS

Berikut ini adalah daftar SMK di Kab. Karawang dengan pembinaan Pengawas Bapak Ahmad Zaenudin

Akun Sekolah Titik tgl 6-7 Juli 2012 SMK Kab Karawang
Ahmad Zaenudin

1.20217803 SMKN 1 CIKAMPEK KAB. KARAWANG

2.20217802 SMKN 1 KARAWANG KAB. KARAWANG

3.20237461 SMK MITRA KARYA KAB. KARAWANG

4.20237464 SMKN 1 JATISARI KAB. KARAWANG

5.20217809 SMK BINA KARYA 1 KARAWANG KAB. KARAWANG

6.20217808 SMK BINA KARYA 2 KAB. KARAWANG

7.20244795 SMK JAYABEKA 02 KAB. KARAWANG

8.20217798 SMK PGRI 1 KARAWANG KAB. KARAWANG

9.20217797 SMK PGRI 2 KARAWANG KAB. KARAWANG

10.20217795 SMK PGRI Telagasari KAB. KARAWANG

11.20217794 SMK Proklamasi KAB. KARAWANG

12.20217793 SMK RISTEK KARAWANG KAB. KARAWANG

13.20217767 SMK Sunan Gunung Jati KAB. KARAWANG

14.20217936 SMK TEXMACO KAB. KARAWANG

15.20267937 SMK TEXAR Karawang KAB. KARAWANG

16.20265294 SMK Tri Asyifa Cikampek KAB. KARAWANG

17.20217916 SMK Tri Jaya Sakti KAB. KARAWANG

18.20217915 SMK Tunas Mekar KAB. KARAWANG

19.20237405 SMK KORPRI KAB. KARAWANG

20.20217804 SMK KOSGORO KARAWANG KAB. KARAWANG

21.20237426 SMK Nurul Ansor KAB. KARAWANG

22.20237434 SMK Tri Mitra KAB. KARAWANG

23.20237405 SMK KORPRI KAB. KARAWANG

24.20237410 SMKN 1 Cilamaya KAB. KARAWANG

25.20237408 SMK Muhammadiyah Cikampek KAB. KARAWANG

26.20252214 SMK JAYABEKA 01 KAB. KARAWANG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s